Cara Membuat Bolu Pisang Kukus – Niva Cake

Cara Membuat Bolu Pisang kukus, Jual Bolu Pisang Kukus Juwana Pati, Jual Bolu Pisang Kukus Rangkasbitung

Cara membuat bolu pisang kukus sangat mudah. Bolu pisang saat ini sudah banyak dikenal oleh orang banyak untuk dijadikan sebagai hidangan favorit bareng keluarga. Teksturnya yang halus dan ukurannya yang besar membuat bolu pisang ini ini disukai oleh semua orang.

Jika sekarang kamu punya buah pisang yang cukup dan sudah terlalu matang, jangan takut lagi. Sekarang kamu nggak ada salahnya coba eksplorasi untuk membuat bolu pisang kukus. Ini adalah beberapa macam pisang yang cukup bagus digunakan untuk bahan bolu pisang kukus, diantaranya pisang ambon, pisang raja, dan pisang kepok.

Tentu kamu bertanya-tanya sulit nggak, sih membuat bolu pisang? Jawabannya adalah nggak. Kue ini ternyata sangat simple dan bisa dibuat oleh siapapun, lihat juga resep bolu yang mudah disini. Maka dari itu, berikut kami berikan beberapa resep bolu pisang dengan aneka varian.

1. Resep Bolu Pisang Kukus

Cara Membuat Bolu Pisang kukus, Jual Bolu Pisang Kukus Juwana Pati, Jual Bolu Pisang Kukus Rangkasbitung

Resep bolu pisang yang pertama ini adalah yang paling umum dan sederhana, yakni dibuat dengan cara dikukus. Buat kamu yang belum pernah mencoba dan penasaran dengan cara membuatnya, ikuti saja resep di bawah ini.

Bahan Membuat Bolu Pisang Kukus:

  • 3 buah pisang
  • 150 gr tepung terigu
  • 100 gr mentega
  • 2 butir telur ayam
  • 6 sdm gula pasir
  • ½ sdt soda kue
  • ½ sdt baking powder
  • 1 sdt vanili bubuk
  • ¼ sdt garam
  • Gula halus secukupnya

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus:

  1. Lembutkan pisang dengan garpu. Kalau kamu ingin mempertahankan tekstur pisang pada kue, maka tak perlu terlalu lembut.
  2. Kocok telur ayam bersama gula, pastikan sampai mengembang. Tambahkan pisang yang sudah dilumat. Aduk lagi sampai rata.
  3. Dalam wadah terpisah, ayak tepung terigu, baking powder, soda kue, garam dan vanili sampai halus. Masukkan sedikit-sedikit ke adonan campuran telur dan pisang yang telah dilumat tadi. Campur perlahan sampai rata.
  4. Jika adonan sudah mulai berat, aduk-aduk terus adonan kue menggunakan spatula. Campurkan mentega yang sudah dicairkan sebelumnya. Aduk hingga merata.
  5. Siapkan loyang yang sudah dilumuri mentega pada permukaannya.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang lalu ratakan.
  7. Siapkan kukusan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membungkus penutup kukusan dengan kain agar uap air tidak membasahi adonan.
  8. Masukkan adonan bolu pisang ke dalam kukusan dan masak dengan api sedang selama sekitar setengah jam. Pastikan kematangan bolu dengan cara menusukkan lidi atau tusuk gigi. Kalau tidak ada adonan basah kue yang menempel pada lidi, artinya kue sudah matang.
  9. Setelah matang, keluarkan bolu dari kukusan dan tunggu hingga agak dingin sebelum mengeluarkannya dari loyang. Kamu bisa menaburkan gula halus di atasnya saat hendak disajikan.

2. Resep Bolu Pisang Panggang Orisinal

Cara Membuat Bolu Pisang kukus, Jual Bolu Pisang Kukus Juwana Pati, Jual Bolu Pisang Kukus Rangkasbitung

Sebenarnya, bahan membuat bolu pisang kukus dan panggang hampir sama, karena yang membedakan di antara dua bolu pisang tersebut hanyalah teknik atau cara masaknya. Meski begitu, perbedaan teknik ini tentu akan memengaruhi hasilnya.

Bolu yang dikukus akan cenderung lebih lembap dan basah, sedangkan bolu yang dipanggang lebih kering dengan aroma panggang yang khas. Hal ini tentu masalah selera saja. Untuk itu, silakan kamu coba resep bolu pisang panggang berikut! Jangan lupa coba 5 resep bolu panggang disini ya.

Bahan Membuat Bolu Pisang Panggang Orisinal:

  • 6 buah pisang
  • 4 butir telur ayam
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdt emulsifier roti (SP/TBM)
  • 8 sdm penuh tepung terigu
  • 100 gr mentega
  • ½ sdt baking powder

Cara Membuat Bolu Pisang Panggang Orisinal:

  1. Lumatkan pisang dengan garpu. Untuk memastikan kuenya lembut dan lezat, pilih pisang yang sudah benar-benar matang ya.
  2. Cairkan mentega di wadah tersendiri.
  3. Kocok telur ayam, gula pasir, baking powder dan emulsifier menggunakan mixer. Kocok terus hingga tercampur rata dan berwarna putih.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu, mentega cair, dan pisang lumat. Aduk hingga adonan benar-benar tercampur.
  5. Siapkan oven, panaskan hingga suhu 170 derajat Celsius.
  6. Lumuri permukaan loyang dengan mentega dan sedikit tepung terigu. Masukkan adonan ke dalamnya lalu ratakan.
  7. Panggang adonan ke dalam oven selama kurang lebih 30 menit. Pastikan kematangan bolu dengan cara menusukkan tusuk gigi atau lidi. Jika sudah matang, keluarkan dari oven.
  8. Tunggu hingga bolu pisang dingin, lalu keluarkan dari loyang dan sajikan.

3. Resep Bolu Pisang Panggang Aneka Topping

Cara Membuat Bolu Pisang kukus, Jual Bolu Pisang Kukus Juwana Pati, Jual Bolu Pisang Kukus Rangkasbitung

Bolu pisang panggang rasa orisinal memang sangat lembut dan legit di mulut. Rasa manis yang pas dan tekstur khas yang menggoyang lidah membuat penggemar kue bolu selalu ingin nambah. Tapi, kamu penasaran nggak sih, bagaimana jadinya kalau rasa manis khas pisang itu digabung sama rasa gurih, asam, atau asin? Bakal jadi pengalaman rasa yang kaya di lidah tuh.

Nah kalau gitu, mengapa tidak mencoba resep modifikasi sendiri? Kamu bisa memakai bahan dan cara yang sama dengan saat membuat bolu pisang panggang orisinal. Tapi kali ini tambahkan topping favorit kamu di atasnya! Beberapa topping yang disarankan bisa memperkaya rasa adalah cokelat, meses, keju, kismis, kacang-kacangan seperti almond atau kenari, hingga aneka buah-buahan kering.

Caranya, saat adonan sudah dituang ke loyang sebelum dipanggang, ratakan adonan lalu tambahkan topping di atasnya. Atau jika kamu ingin tampilan bolu lebih rapi dan topping tidak tenggelam, tambahkan topping saat adonan sedang dipanggang dalam keadaan setengah matang. Nah selamat berkreasi dengan topping favoritmu ya!

Baca juga: 3 Cara Membuat Kue Ulang Tahun Anti Gagal Buat Pemula

4. Resep Bolu Pisang Cokelat

Toko Kue Brownies di Juwana Pati, Kue Brownies Juwana Pati, Jual Kue Brownies Juwana Pati, Cara Membuat Brownies Kukus, Toko Roti di Rangkasbitung, Kue Lapis Rangkasbitung

Kamu penggemar cokelat? Bosen dengan rasa bolu pisang orisinal yang gitu-gitu aja? Coba deh buat varian resep bolu pisang dengan campuran cokelat berikut ini. Pasti bakal bikin kamu ketagihan. Simak resepnya baik-baik ya.

Bahan Membuat Bolu Pisang Cokelat:

  • 4-6 buah pisang
  • 2 sdt baking powder
  • 300 gr tepung terigu
  • 6 butir telur ayam
  • 3 sdm bubuk cokelat
  • 180 gr mentega
  • ½ sdt garam
  • 200 gr gula pasir
  • 150 gr Choco chips atau sesuai selera

Cara Membuat Bolu Pisang Cokelat:

  1. Ayak tepung terigu, garam, bubuk cokelat dan baking powder dalam satu wadah hingga rata.
  2. Lumatkan pisang dengan garpu di wadah lainnya.
  3. Cairkan mentega dengan api sangat kecil sampai mendidih.
  4. Masukkan telur dan gula pasir, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah pada awalnya. Naikkan kecepatan mixer perlahan hingga adonan teraduk sempurna. Setelah itu matikan mixer.
  5. Tambahkan pisang yang sudah dilumat, aduk cepat dengan spatula.
  6. Masukkan ayakan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  7. Masukkan mentega cair sedikit demi sedikit juga dan aduk terus sampai rata.
  8. Terakhir, masukkan choco chips ke dalam adonan dan aduk rata. Atau kamu bisa memilih untuk menaburkan choco chips di atas adonan saja saat akan dipanggang.
  9. Siapkan oven, panaskan hingga suhu 170 derajat Celsius.
  10. Siapkan loyang yang sudah dilumuri mentega. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan.
  11. Panggang adonan ke dalam oven selama kurang lebih 50-60 menit. Cek apakah bolu sudah matang dengan cara menusukkan tusuk gigi atau lidi. Jika sudah matang, keluarkan dari oven.
  12. Tunggu hingga bolu pisang dingin selama kira-kira 10 menit, lalu keluarkan dari loyang dan sajikan.

5. Resep Bolu Pisang Keju

Cara Membuat Bolu Pisang kukus, Jual Bolu Pisang Kukus Juwana Pati, Jual Bolu Pisang Kukus Rangkasbitung

Ada nggak yang cinta mati sama keju? Rasa gurih asin dari olahan susu yang satu itu memang nggak bisa ditolak, ya. Nah kalau kamu ingin mencoba bolu pisang tapi ada kejunya, ternyata bisa banget, lho! Gimana sih emang caranya? Coba ikuti resep berikut ini!

Bahan Membuat Bolu Pisang Keju:

  • 4 buah pisang
  • 2 butir telur ayam
  • 7 sdm gula pasir
  • 200 gr tepung terigu
  • 2 sdm susu bubuk
  • ½ sdt baking powder
  • 100 gr mentega
  • ½ balok keju cheddar

Cara Membuat Bolu Pisang Keju:

  1. Haluskan pisang menggunakan garpu.
  2. Parut keju cheddar untuk campuran adonan.
  3. Kocok telur dan gula bersama-sama dengan mixer, pastikan mengembang dengan sempurna.
  4. Tambahkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.
  5. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan dan keju parut sedikit demi sedikit. Aduk lagi adonan dengan spatula hingga merata.
  6. Cairkan mentega dan tuangkan ke adonan perlahan sambil terus diaduk sampai merata.
  7. Panaskan oven pada suhu 170 derajat Celsius.
  8. Siapkan loyang dan lumuri permukaannya dengan mentega. Masukkan adonan kue ke dalam loyang lalu ratakan. Kamu bisa menaburkan sisa parutan keju ke atasnya.
  9. Panggang adonan ke dalam oven selama kurang lebih 30 menit. Pastikan kematangan bolu dengan cara menusukkan tusuk gigi atau lidi. Jika sudah tidak ada adonan basah yang ikut pada lidi, artinya bolu sudah matang. Keluarkan dari oven setelah matang.
  10. Tunggu hingga bolu pisang dingin sekitar 10 menit. Keluarkan dari loyang lalu bolu pisang keju favoritmu siap disajikan.

Tips Membuat Adonan Bolu Pisang Tanpa Bantat

Bantat memang sering jadi masalah setiap orang, khususnya bagi pemula tiap kali membuat kue. Memang sih, awalnya gampang-gampang susah untuk mendapatkan adonan kue bolu yang sempurna. Tapi sebenarnya, kalau tahu tipsnya kamu bisa mengatasi masalah yang satu itu lho. Nah, perhatikan tips-tips spesial buat kamu di bawah ini ya!

1. Perhatikan kematangan pisang

Pilih pisang yang benar-benar telah matang. Cirinya adalah adanya bintik-bintik hitam di kulit luar pisang serta konsistensi buah pisang yang cenderung lembek saat dipegang. Kematangan pisang ini sangat penting supaya tekstur dan rasa bolu pisang bisa lezat sempurna.

2. Pakai bahan dengan suhu ruang

Bahan-bahan yang dipakai harus disiapkan dalam suhu ruangan. Apabila menyimpan telur di kulkas, biarkan dalam suhu ruang terlebih dahulu. Telur yang bersuhu dingin membuatnya tidak bisa tercampur rata saat dikocok. Begitu pula dengan mentega. Saat sudah mencair, jangan langsung dimasukkan saat panas mendidih namun juga jangan dibiarkan terlalu lama setelah diangkat karena bisa menggumpal kembali.

Cara Membuat Bolu Pisang kukus, Jual Bolu Pisang Kukus Juwana Pati, Jual Bolu Pisang Kukus Rangkasbitung

3. Pakai alat masak yang bersih dan kering

Pastikan semua wadah atau alat yang dipakai benar-benar bersih dan kering ya. Kalau ada sisa air, minyak, atau adonan yang menempel dari pemakaian sebelumnya akan sangat memengaruhi tekstur adonan dan jadi bantat lho. Sebaiknya kamu mencuci bersih semua peralatan terlebih dahulu lalu mengelapnya dan dikeringkan semalaman sebelum digunakan lagi.

4. Kocok adonan sampai rata

Kunci resep bolu pisang yang tidak bantat juga adalah saat mengocok telur dan gula. Pastikan kedua bahan tersebut dikocok sampai benar-benar pekat dan mengental. Kamu bisa memastikannya dengan cara mengangkat kocokan atau mixer, adonan tidak akan langsung jatuh alias masih meninggalkan bekas. Saat awal mengocok, gunakan kecepatan rendah lalu meningkat secara bertahap.

5. Fungsi mentega atau minyak sayur

Mentega atau minyak sayur ditambahkan untuk membuat kue bolu memiliki tekstur yang lembut dan terlihat berminyak. Pastikan saat mengocoknya benar-benar sampai rata mengingat bahan dari minyak lebih sulit tercampur. Jika kesulitan, kamu bisa memisah seperempat adonan dan mencampurnya dengan mentega atau minyak hingga rata, lalu baru campurkan adonan sisanya.

6. Perhatikan suhu dan waktu pemanggangan yang tepat

Lebih baik mengatur oven pada suhu rendah supaya tingkat kematangan bisa merata. Pastikan juga kamu sudah siap memanaskan oven terlebih dahulu ya, jangan biarkan adonan yang sudah terkocok hingga mengembang menunggu terlalu lama untuk dipanggang.

Waktu memanggang juga jangan terlalu sebentar atau terlalu lama. Untuk memastikan tingkat kematangan, kamu bisa memakai lidi atau tusuk gigi. Caranya, tusukkan lidi ke tengah adonan dan amati. Kalau masih ada adonan basah yang menempel, artinya kue belum matang sempurna, ya.

Jika kamu ingin memesan bolu pisang kukus, kamu bisa mengunjungi cabang-cabang toko kami yang berada di Serpong Tangerang Selatan, Pati (Jawa Tengah), atau Rangkasbitung (Lebak) dengan alamat dan nomor kontak di bawah ini:

TANGERANG SELATAN, BANTEN

Jl. Raya Serpong (Samping Klinik Puti Handiyah), Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan

(0823-6789-1299)

Jl. Raya Kademangan, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan

(0812-8294-8668)

LEBAK, BANTEN

Jl. Raya Kadu Agung-Cileles, Desa Kadu Agung Timur, Kec. Cibadak, Kab. Lebak, Banten


Jl. Siliwangi, Muara Ciujung Timur, Kec. Rangkasbitung, Kab. Lebak

(0812-8294-8677)

PATI, JAWA TENGAH

Jl. Raya Sunan Ngerang (depan Pasar Juwana Baru), Desa Kebon Sawahan, Kec. Juwana, Kab, Pati, Jawa Tengah

(0852-9394-6384)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *